Activity

Promo

Event Calendar

Info Management

Article

Hall Of Fame

Latest Article

WASPADA Penyakit yang sering muncul pasca lebaran

Wednesday, 12 April 2023

WASPADA PENYAKIT YANG SERING MUNCUL PASCA LEBARAN

Hai Mitra ABE,

Selamat hari raya Idul Fitri bagi Mitra ABE yang merayakan lebaran di tahun ini. Selamat bersilahturahmi bersama keluarga besar tecinta. Bagi Mitra ABE yang mudik bersama keluarga semoga perjalanan mudiknya lancar, menyenangkan, selamat sampai di tujuan dan semoga selamat sampai kembalinya lagi nanti.

Setelah berpuasa Ramadan selama 29-30 hari, momen lebaran adalah momen yang sangat jauh berbeda saat puasa. Berbagai menu makanan khas yang tersaji di rumah maupun di tempat keluarga yang akan dikunjungi saat bersilahturahmi sungguh mengundang selera untuk terus menyantapnya. Tidak sedikit menu makanan tersebut makanan yang banyak menganduk lemak, yang jika berlebihan dikonsumsi akan berdampak negative bagi tubuh kita dan keluarga sehingga justu menjadi pemicu munculnya penyakit.

Berikut 11 penyakit yang memungkinkan muncul pasca lebaran:
  • DIABETES.
    Diabetes tidak hanya terjadi karena factor riwayat diabetes dari keluarga atau diabetes keturunan saja lho, makanan berlemak dan makanan dan minuman yang manis dapat menjadi salah satu factor yang menyebabkan diabetes. Oleh karena itu berusahalah menghindar dari niat mengonsumsi makanan berlemak dan minuman mengandung gula secara berlebihan.
    Saat ini penderita kencing manis atau diabetes termasuk penyakit mematikan ketiga di Indonesia setelah stroke dan jantung, yakni sekitar 10 juta orang. Jumlah tersebut jika diprediksi sekitar 10 tahun mendatang dapat meningkat dua sampai tiga kali lipat,
    Para praktisi kesehatan berdasarkan penelitian mengatakan bahwa penyakit kronis ini "tak bisa disembuhkan tapi dapat dikendalikan agar tidak terjadi komplikasi".
  • INSOMNIA / Kesulitan tidur
    Salah satu factor terjadinya insomnia atau kesulitan tidur akibat mengonsumsi makanan berat menjelang tidur. Penting bagi kita untuk memahami disaat kita tidur hampir seluruh organ tubuh kita beristirahat, sehingga jika mengonsumsi makanan terlalu banyak menjelang tidur justru menyebabkan makanan tersebut tidak tercerna dengan baik oleh sistim pencernaan kita, sehingga lebih seperti makanan yang mengendap di usus. Hal ini membuat tubuh kita terasa tidak nyaman saat berbaring, sehingga kita akan mengalami kesulitan untuk tidur.
  • Penumpukan lemak berlebih.
    Mengonsumsi hidangan lebaran yang berlemak otomatis terserap oleh tubuh sehingga juga dapat menaikkan kadar lemak di tubuh kita. Kita harus lebih berhati-hati dengan terjadinya penumpukan lemak yang berlebih pada tubuh. Penumpukan lemak pada tubuh tersebut menimbulkan resiko berbagai penyakit, seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung, penyakit hati, atau sirosis hati, resistensi insulin, rusaknya pembuluh darah di retina mata, kanker usus dan juga sangat memungkinkan terjadinya stroke. Oleh karena itu, kita harus memperhatikan kadar lemak dalam tubuh agar tidak berlebihan terutama saat lebaran.
  • Penyakit Jantung
    Salah satu cara untuk menjaga jantung kita tetap sehat adalah dengan mengurangi konsumsi makanan berlemak, karena kandungan lemak yang terserap dapat mengganggu peredaran darah kita. Selain itu kita sangat penting untuk menghindari mengonsumsi makanan berlebihan dalam satu waktu. Makan lebih sering namun dengan porsi sedikit dapat menjaga detak jantung dan tekanan darah pada tingkat normal.
  • Radang Tenggorokan
    Peyakit radang tenggorokan adalah yang paling umum terjadi setelah merayakan lebaran bersama keluarga. Hal ini terjadi akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman berpemanis dan dingin, di kondisi cuaca yang panas, sehingga membuat daya tahan tubuh menurun dan kerentanan organ dibagian tenggorokan dan rongga mulut. Bakteri serta virus yang berada pada rongga mulut dan saluran nafas atas kita membuat peradangan local. Saran terbaik, kurangi makaan dan minuman berpemanis.
  • 6. Batuk dan Pilek
    Selain Radang tenggorokan, batuk pilek juga merupakan penyakit yang paling umum dialami banyak orang setelah merayakan lebaran. Terjadi karena kita terlalu banyak mengonsumsi makanan kondisi panas dan minuman yang manis dan dingin, seperti es sirup dan kue-kue manis. Kualitas bahan baku air yang kurang baik didalam es juga menjadi factor penentu munculnya penyakit batuk dan pilek. Oleh karena itu, disarankan sebaiknya untuk tidak mengonsumsi minuman dingin secara berlebih.
  • Gangguan saluran pencernaan
    Gangguan saluran pencernaan yang dapat terjadi pada kita jika menyantap terlalu banyak hidangan pedas dan berlemak saat merayakan lebaran, diantaranya refluks asam lambung, sindrom usus bocor, diare dan kembung berlebihan. Gangguan pencernaan ini dapat dihindari dengan tidak mengonsumsi makanan pedas dan berlemaksecara berlebihan.
Selain ke-tujuh penyakit diatas, akibat dari kalap saat menyantap hidangan lebaran, yakni meningkatnya resiko kolesterol, resiko hipertensi, meningkatnya gula darah yang fatalnya dapat meningkatkan resiko pecahnya pembuluh darah mikrovaskuler (pembuluh darah pada mata) dan makrovaskuler (stroke dan serangan jantung). Ohya Mitra ABE, meskipun makan makanan berkuah santan tidak mengandung kolesterol sama sekali, namun santan memiliki lemak jenuh yang sangat tinggi, yaitu sekitar 21 gram per 100 gram santan, dan kalori sangat tinggi, yaitu sekitar 230 kalori per 100 gram santan. Sangat penting bagi kita untuk tetap waspada dan menjaga pola makan agar terhindar dari 11 penyakit di atas. Perbanyak asupan berserat tinggi, kurangi porsi makan, dan atur jadwal makan kita agar selalu fit. Jangan lupa untuk tetap teratur berolahraga.
  ========================================================================================================================================
 


Mitra ABE,
Lepas dari puasa Ramadan bukan berarti kita kalap saat mengonsumsi hidangan lebaran dan setelahnya.

Nah, seperti yang direkomendasikan dari artikel diatas, bahwa walaupun sudah tidak berpuasa dan boleh bebas makan kapan saja, namun kita tidak perlu mengonsumsi makanan secara berlebihan, tidak direkomendasikan juga mengonsumsi minuman secara berlebihan.

Artinya, kita tentu telah mengetahui ilmu berpuasa yang baik dan benar, tentu saja lebih baik bila anda tidak hanya menahan hawa nafsu saat bulan puasa, tetapi juga menahan hawa nafsu untuk makan berlebihan setelah bulan puasa. Sehingga anda bisa tetap fit, berat badan anda berkurang, dapat menikmati silaturahim dengan keluarga besar dalam keadaan sehat walafiat, bahkan beraktifitas lebih sehat daripada sebelumnya.

Seperti diketahui bersama, didalam sistem pencernaan kita juga sangat membutuhkan Probiotik, dan Prebiotik

Probiotik yaitu sekumpulan bakteri baik untuk melawan bakteri jahat yang telah masuk ke dalam usus. Probiotik mempunyai peran penting dalam membantu proses pencernaan serta meningkatkan fungsi penyerapan nutrisi yang meningkatkan kekebalan tubuh. Bakteri jahat adalah bakteri yang lebih banyak didapatkan dari luar tubuh dan bisa mengakibatkan infeksi. Untungnya, tidak terlalu banyak jenis bakteri yang bersifat merugikan dan buruk bagi kesehatan. Namun ketika tubuh terinfeksi bakteri yang bersifat jahat, maka dapat menyebabkan berbagai penyakit, bahkan kematian. Sementara Prebiotik adalah makanan (tinggi serat) sebagai asupan probiotik atau bakteri baik tersebut.

Saking banyaknya bakteri di lingkungan kita, Anda tidak mungkin hidup tanpa bakteri dan tidak bisa menghindari bakteri. Berikut adalah jenis bakteri jahat yang paling sering menginfeksi tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit.

Berbagai bakteri jahat didalam tubuh kita, seperti Clostridia (bakteri yang tinggal di usus orang dewasa dan bayi baru lahir), Streptococcus, Staphylococci, Listeria monocytogenes, Bacillus, yersinia, shigella, salmonella, campylobacter, serta E.colli.

Beragam jenis bakteri baik di dalam usus yang bisa menguntungkan tubuh Anda, Lactobacillus acidophilus, Lactobacillus salivarius, Lactobacillus rhamnosus, Lactobacillus plantarum, Streptococcus thermophiles, Saccharomyces boulardii, Bifidobacteria, Bifidobacterium bifidum, Bifidobacteria lactis, dan lain-lain.

Fiforlif yang dikonsumsi saat sahur membantu membuat anda lebih kenyang begitupun jika dikonsumsi saat berbuka puasa sehingga tidak tergoda untuk terus menerus mengkonsumsi snack ataupun makan besar di malam hari. Kandungan seratnya dapat membantu sebagian orang yang mengalami sulit buang air besar saat berpuasa. Banyak yang mengalami gangguan pencernaan karena asupan cairan yang berkurang serta konsumsi makanan yang tinggi lemak dan rendah serat disaat berpuasa.

Fiforlif merupakan minuman jus yang kaya akan serat dan zat gizi untuk memelihara sistem pencernaan tetap sehat dan berfungsi normal. Dibuat dengan bahan-bahan sayuran dan buah-buahan berkualitas tinggi, kandungan serat di dalam fiforlif dapat membantu mempertahankan / memelihara fungsi saluran pencernaan khususnya kolon (usus besar). Fiforlif mengandung Probiotik dan Prebiotik yang sangat dibutuhkan tubuh.

Fiforlif sangat membantu dalam mengikat lemak yang terus mengotori saluran pencernaan yang menjadi penghambat penyerapan zat gizi makanan. Fiforlif adalah jus kaya serat dan gizi yang sangat menyegarkan dan mengkonsumsi fiforlif disarankan untuk tetap memperbanyak minum air mineral (8-10 gelas atau 2 liter per hari sesuai anjuran pakar kesehatan).
 
  • Manfaat Fiforlif
    ~ Membantu memudahkan Buang Air Besar
    ~ Membantu mempertahankan / memelihara fungsi saluran pencernaan
    ~ Membantu menurunkan kadar kolesterol darah, jika disertai diet lemak jenuh dan rendah kolesterol
    ~ Menjaga tubuh lebih sehat sehingga dapat mencegah penyakit
    .
    Petunjuk Penyajian
    ~ Tuangkan 1 (satu) sachet Fiforlif kedalam gelas/botol shaker
    ~ Tambahkan 150ml air mineral (suhu kamar)
    ~ Aduk/Shake Fiforlif dengan cepat hingga merata
    ~ Segera minum sebelum jus Fiforlif mengental

    Takaran Penyajian
    ~ Untuk kesehatan kolon/pencernaan : 1-2 sachet sehari (orang dewasa)
    ~ Untuk anak-anak usis 13-17 tahun : maksimal 1 sachet sehari
    ~ Untuk anak-anak usia 6-12 tahun : maksimal ½ sachet sehari
    (dianjurkan dikonsumsi sebelum waktu imsak atau saat berbuka puasa)

    ========================================================================================================================================
     

     
    PROLISDA (PROPOLIS + HABBATUSSAUDA)

    Propolis cair yang terbuat dari propolis hijau Brazil (green Brazilian propolis) yang sudah sangat dikenal sebagai propolis terbaik di dunia.

    Ciri Khas Propolis Brazil: Memiliki kandungan zat aktif Artepilin-C (fenolic acid) yang tidak dimiliki oleh propolis lain dan juga kandungan lebih dari 180 fitokimia (vitamin, mineral dan asam amino esensial), Flavonoid dan Quercetin (sebagai anti virus, anti bakteri,anti jamur, anti oksidan dan anti inflamasi yang sangat tinggi) .

    PROLISDA (Propolis dan Habbatussauda), secara umum dari artikel AloDokter, Propolis itu faktanya punya senyawa kimiawi polifenol yang bertugas sebagai antioksidan, untuk mengatasi kerusakan karena penyakit didalam tubuh. Komposisi propolis tidak sama diseluruh dunia, sangat ditentukan oleh lokasi lebah, jenis pohon dan tumbuhan disekitarnya. Bahan baku Prolisda adalah Green Brazilian Propolis dihasilkan oleh lebah spesies Africanized Honey Bee (apis melifera), spesies persilangan dari lebah Eropa dan lebah Afrika Timur yang baru diperkenalkan Brazil tahun 1956. Lebah spesies ini sangat beracun dan membuat propolis yang kuat untuk melindungi diri.

    Propolis yang dihasilkan bisa membantu penyembuhan luka karena virus, bakteri, mengurangi infeksi, peradangan, membantu memperlambat pembekuan darah, dan salah satu yang dibutuhkan oleh penderita Jantung Koroner adalah pengencer darah, Prolisda mempunyai manfaat kandungan untuk membantu mengencerkan darah, sehingga baik untuk penderita jantung coroner, membantu mengurangi kolesterol dan gula darah atau terkait membantu meningkatkan kualitas sel darah.

    Proses & Teknologi : Prolisda diproses secara Lyopilized (beku kering) sehingga tidak merusak kandungan alami propolis dengan nano technology sehingga partikel menjadi sangat kecil, mudah diserap tubuh, dan cairan propolis menjadi sangat jernih berwarna kuning kehijauan.

    Cara konsumsi prolisda
    ~ Teteskan Prolisda ke dalam 1/4 gelas air putih, aduk hingga rata
    ~ Dewasa 3 x sehari 5-7 tetes
    ~ Anak-anak 3 x sehari 1-3 tetes
    ~ Hindari kontak langsung dengan benda yang terbuat dari logam (sendok/gelas logam)

    Kemasan Prolisda kecil dan ringan sehingga sangat praktis, bisa masuk dalam saku/tas & mudah dibawa kemana pun.

    Legalitas & Uji Laboratoium Prolisda :
    1. Badan POM TR.152.686.241 lulus uji laboratorium
    2. Uji kandungan Artepilin-C Laboratorium Fakultas Kedokteran & Farmakologi Universitas Brawijaya – Malang, Jawa Timur
    3. Sertifikat Ketetapan Halal Majelis Ulama Indonesia (MUI) LP-POM 01141262730821

    Harga Prolisda?
    Prolisda, dengan kandungan Propolis terbaik di dunia yang kaya akan manfaat dari kandungannya ini menjadi produk yang sangat dibutuhkan, telah banyak konsumen yang terbantu kesehatannya menjadi lebih baik dan juga karena termasuk produk yang

    dapat digunakan oleh anak-anak juga orang tua, dengan harga yang relatif sangat terjangkau.
    Pastikan membeli produk Prolisda hanya dari Mitra ABE, Mobile Stockist, Stockist Center terdekat atau kantor pusat PT ABE

    PROPOLIS PROLISDA diproses dengan nano technology sehingga sangat jernih, partikel yang sangat kecil sehingga mudah diserap tubuh, tidak menimbulkan kerak diwadah / gelasnya, berizin resmi BPOM RI dan bersertifikat Halal.

    Pastikan membeli produk Prolisda & Fiforlif langsung dari Mitra ABE dan Mobile Center terdekat yaa.., bisa juga di Stockist Center di kota mu atau Kantor Pusat ABE..

    Selamat merayakan Idul Fitri bersama keluarga tercinta, Semoga seluruh Ibadah dan puasa kita diterima oleh Allah SWT, Mohon maaf lahir dan batin semoga senantiasa diberikan kesehatan yang selalu baik pada kita sekeluarga dan silaturahmi ini membawa lebih banyak keberkahan hidup bagi kita semua. Aamiin..